Perangkat Desa Meninggal, Keluarga Ahli Waris Dapat Rp 24 Juta

PATI,  Manfaat mengikuti BPJS Ketenagakerjaan benar-benar dirasakan keluarga ahli waris. Baru mengikuti tiga bulan, namun langsung bisa dicairkan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyerahkan jaminan senilai Rp 24,4 juta. Jaminan tenaga kerja itu diberikan kepada perangkat Desa Wonosekar, Kecamatan Tlogowungu di Pendapa Kabupaten Pati pada Selasa (3/3) lalu.

Jaminan itu diserahkan Bupati Pati Haryanto kepada peserta Mulyono yang telah meninggal dunia. Jaminan senilai puluhan juta rupiah itu diterima keluarga ahli waris Caryati. Keluarga ahli waris itu menerima lebih dari Rp 24.465 juta. Rinciannya, jaminan kematian Rp 24 juta, jaminan hari tua (JHT) Rp 305 ribu dan jaminan pensiun Rp 160 ribu.

Bupati Haryanto mengatakan, semua pemberi kerja hukumnya wajib memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan. Termasuk, pemerintah desa (Pemdes) pun wajib memberikan atau mengikutkan perangkat menjadi peserta yang dulu dikenal dengan jamsostek itu.

”Kami mengimbau agar para perangkat desa didaftarkan menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Karena aturannya sudah ada. Pembayaran bisa menggunakan penghasilan tetap (siltap) atau ADD,” ucap Haryanto.

Acara tersebut dihadiri 401 kepala desa (kades) se-Kabupaten pati. Selain itu juga dihadiri Sekda Pati Suharyono, Asisten I Muchtar, dan Kepala Dispermades Sudiyono.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan