Keutamaan Menyantuni Anak Yatim di Bulan Ramadhan

Orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan mendapat kedudukan tertinggi di surga

Sabtu, 08 Mei 2021, 20.30 WIB

Sejumlah anak yatim  memperoleh bingkisan dan santunan usai mengikuti acara “Berbagi Bersama Anak Yatim” di Balai Desa Karangwage, Sabtu (08/05). Hadir dalam acara tersebut Bapak Teguh Utama ( kepala desa Karangwage ) dan perangkatnya, sejumlah pengurus yatim desa Karangwage.

Rasulullah SAW pernah bersabda.

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini, kemudian beliau shallallahu alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.”

“Hadis ini menggambarkan bahwa surganya Rasulullah SAW dengan surga orang-orang yang menyantuni anak yatim itu sangat dekat,”

Orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan mendapat kedudukan tertinggi di surga, dekat dengan kedudukan Rasulullah SAW. Dari Abu Umamah, Nabi Muhammad SAW juga pernah berkata.

“Barangsiapa yang mengusap kepala anak yatim laki-laki atau perempuan karena Allah, adalah baginya setiap rambut yang diusap dengan tangannya itu terdapat banyak kebaikan, dan barang siapa berbuat baik kepada anak yatim perempuan atau laki-laki yang dia asuh, adalah aku bersama dia di surga seperti ini, beliau mensejajarkan dua jari-nya.

menyantuni anak yatim juga bisa melembutkan hati seseorang. Rasulullah SAW pernah bersabda. “Bila engkau ingin agar hati menjadi lembut dan damai dan Anda mencapai keinginanmu, sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang serta lembut dan keinginanmu akan tercapai.” (HR Thabrani)

Orang-orang yang tenang hati dan jiwanya, nantinya tercermin kala dia beribadah dan bekerja. Ketika dia melayani orang lain, maka orang lain pun menjadi senang padanya. “Apa yang kita sedekahkah kepada orang lain, itulah harta kita sebenarnya. Yang kita nikmati di dunia akan habis. Namun, ketika kita memberikan apa yang kita miliki untuk orang lain yang membutuhkan, itulah harta sesungguhnya yang kita bawa mati,”

Manfaat terakhir bersedekah, salah satunya menyantuni anak yatim adalah dapat menolak bencana. Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. (HR. Imam Baihaqi)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan