Sosialisasi Pembuatan Pupuk Kompos

Pupuk kompos merupakan pupuk yang berasal dari bahan-bahan organik. Penggunaan pupuk kompos dapat memperbaiki struktur tanah karena dapat meningkatkan kandungan bahan organik tanah dan akan meningkatkan kemampuan tanah untuk mempertahankan kandungan air tanah. Aktivitas mikrob tanah yang bermanfaat bagi tanaman akan meningkat dengan penambahan kompos. Aktivitas mikrob ini membantu tanaman untuk menyerap unsur hara dari tanah. Aktivitas mikrob tanah juga diketahui dapat membantu tanaman menghadapi serangan  penyakit.

Tanaman yang dipupuk dengan kompos  juga cenderung lebih baik kualitasnya daripada tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia, seperti menjadikan hasil panen lebih tahan disimpan, lebih berat, lebih segar, dan lebih enak.

Bahan yang diperlukan untuk membuat pupuk kompos cukup mudah didapatkan. Bahan-bahan tersebut dapat diperoleh dari sisa-sisa sayuran atau sisa-sisa tumbuhan seperti jerami, bonggol jagung, rumput-rumput liar atau bagian-bagian vegetasi tanaman.

Karena mudahnya bahan utama untuk membuat pupuk kompos dan manfaatnya yang sangat besar, mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus mengadakan sosialisasi pembuatan pupuk kompos kepada ibu-ibu di RT 04 RW 03 Desa Karangwage pada tanggal 22 September 2021. Selain itu, mengingat bahwa potensi utama Desa Karangwage dalam bidang pertanian yang biasanya menghasilkan residual berupa jerami setelah panen yang biasanya hanya untuk makanan ternak atau hanya dibakar, ternyata jerami yang melimpah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos yang nantinya dapat bermanfaat untuk kesuburan tanah dan tanaman.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan