Pemdes Desa Karangwage mendapatkan penghargaan dari Pemkab Pati sebagai terbaik ketiga pengelolaan Dana Desa Tahun 2021

Pati, 13 Desember 2021 Pemkab Pati memberikan penghargaan kepada Camat, Kepala Desa yang terbaik dalam kinerjanya dalam pengelolaan Dana Desa tahun 2021 ini. Penghargaan yang digelar di Pendopo Kabupaten Pati itu mencakup tentang kinerja di dalam pengelolaan semua anggaran dan kegiatan pembangunan serta pemberdayaan.

Peraih penghargaan yang diberikan kepada 3 Kecamatan yakni Kecamatan Trangkil diposisi 1, disusul Kecamatan Dukuh Sekti di posisi kedua dan Tayu juara ke 3. Selanjutnya penghargaan diberikan pula kepada 3 desa yaitu Desa Kenanti Kec. Dukuh Sekti peringkat ke 1 dan Desa Ngemplak Lor Kec. Tayu sebagai peringkat ke 2 dan sebagai peringkat ke 3 diberikan kepada Desa Karangwage Kec. Trangkil.

Bupati Pati  H. Haryanto dalam kesempatan itu mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap ke depan jika anggarannya mencukupi bisa ditingkatkan lagi agar lebih memotivasi lagi kinerja pemerintah desa.

“Pak Camat kerja tidak sendiri ada kasi, dibantu dengan pendamping dan juga dukungan dari seluruh desa yang di bawah ampuannya jenengan. Kalau desa-desanya rodo nglokro atau kurang cepat dalam pelaksanaan kegiatan yang ada di desa pasti tidak akan mendapatkan penghargaan ini, ” katanya.

Bupati Pati mengatakan penghargaan tersebut bertujuan memberikan apresiasi atas kerja keras dan kerjasama yang baik antara Camat, pendamping desa dan Kepala Desa dalam mensukseskan kegiatan yang ada di desa. Sejumlah indikator penilaian diantaranya dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), penyusunan Rencana Kerja Pemeritahan Desa (RKPDes), dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), dalam pelaksanaan dan penyerapan anggaran dari Dana Desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah, Bantuan Keuangan Provinsi, dan Bantuan Keuangan Kabupaten. Mana yang tercepat dan tertib itu yang dijadikan juara.

“Kalau 10 indikator ini yang tercepat dan tertib itu yang kita ambil. Dalam rangka memberikan semangat agar kecamatan dan desa di tahun yang akan datang berlomba untuk meningkatkan kinerjanya, ” ujarnya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan